Syarat-Syarat Masuk STAN dan Bimbel STAN Terbaik di Indonesia

By Bimbel PKN STAN | 10-09-22 |

Beberapa tahun terakhir, di setiap tahunnya PKN STAN tidak pernah absen mengadakan ujian masuk yang memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga diiringi oleh antusias dari banyaknya calon pelajar dari Sabang hingga Merauke untuk bisa masuk di sekolah kedinasan yang satu ini.

Meskipun demikian, untuk masuk ke PKN STAN ini tidak mudah. Ada beberapa syarat dan tes yang harus dilakukan calon untuk dapat masuk di sekolah kedinasan yang satu ini.

Persyaratan Maupun Dokumen Untuk Pendaftaran PKN STAN

Nah bagi Anda yang sangat tertarik masuk ke STAN, untuk mempersiapkannya Anda bisa mengikuti bimbel STAN di Jakarta yang sudah terbukti tingkat kelolosannya. Selain berbagai hal yang harus Anda persiapkan, Anda juga harus mengetahui apa saja syarat-syarat yang ditentukan oleh PKN STAN untuk mendaftarnya.

Mungkin Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari bimbel STAN di Jakarta namun untuk lebih jelasnya di bawah ini merupakan persyaratan pendaftaran PKN STAN beserta dokumen apa saja yang perlu dilengkapi.

  • Kriteria lulusan dari angkatan berapa

Syarat pertama yang harus Anda lengkapi adalah bagi Anda angkatan tahun 2021 dan tahun sebelumnya Anda harus sudah lulus pada tingkat SMA/sederajat atau diperuntukkan juga bagi calon lulusan SMA/sederajat angkatan 2022. Jadi bagi Anda dari angkatan berapa pun 2022 ataupun 2021 dan sebelumnya, Anda bisa mempersiapkannya di bimbel STAN di Jakarta.

  • Nilai yang harus dipenuhi angkatan 2021

Bagi peserta angkatan 2021 dan tahun sebelumnya harus mempunyai nilai ijazah yang tidak kurang dari 70,0 pada skala 100,0

  • Bagi Anda peserta yang baru akan lulus SMA di tahun 2022 maka nilai yang harus dipenuhi

Nilai yang dilihat adalah berdasarkan nilai rapor karena nilai ijazah belum terbit. Nilai rapor dari 5 semester yang sudah dijalankan harus bernilai tidak kurang dari 70,0 dari skala 100,0. Catatan selanjutnya bagi peserta angkatan 2022 adalah saat daftar ulang nanti harus sudah dinyatakan lulus dan nilai ijazahnya juga tidak kurang dari 70,00.

  • Selanjutnya usia yang diperbolehkan untuk mendaftar PKN STAN

Minimal harus berusia 15 tahun dan maksimal 21 tahun per 1 September 2022 nanti.

  • Mendaftar di laman LTMPT

Persyaratan selanjutnya adalah peserta juga harus sudah mendaftar di laman LTMPT dengan tujuan mengikuti UTBK di tahun 2022.

  • Nilai UTBK yang harus Anda dapatkan

Jika Anda pendaftar reguler maka nilai TPS Anda minimal sebesar 600 dan nilai TBI minimal 450 sedangkan jika Anda pendaftar program afirmasi maka nilai TPS Anda harus minimal 400 dan nilai TBI minimal 375.

  • Persyaratan wajib selanjutnya

Anda harus sehat secara jasmani, rohani begitu juga bebas dari NAPZA.

  • Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi bagi peserta laki-laki

Syaratnya yaitu tidak diperbolehkan memiliki tato ataupun bekas tato. Begitu juga dengan adanya tindik dan bekas tindik baik itu di telinga maupun anggota badan lainnya, kecuali jika hal tersebut merupakan ketentuan dari adat atau agama yang dipercaya.

  • Bagi peserta perempuan, syarat yang harus dipenuhi adalah

Tidak boleh bertato juga ataupun memiliki bekas tato sedangkan untuk tindik diperbolehkan hanya di telinga saja tidak boleh di anggota badan lain. Kemudian tindik di telinga tersebut juga tidak diperbolehkan lebih dari satu di setiap telinga.

  • Pendaftaran ini juga diperuntukkan bagi peserta yang belum menikah maupun yang tidak bersedia menikah selama masa pendidikan.
  • Peserta yang sudah mendaftar di tahun sebelumnya dan sudah dinyatakan lulus maka tidak diperkenankan untuk melakukan pendaftaran kembali.
  • Seperti yang diketahui, PKN STAN menghadirkan dua program tambahan

Bagi Anda yang mendaftar program afirmasi pendidikan menengah atas atau ADEM maka harus dilengkapi dengan surat keterangan yang berasal dari SMA tersebut yang menunjukkan bahwa peserta tersebut adalah peserta ADEM dari provinsi Papua dan Papua Barat.

Jika Anda peserta non ADEM maka sudah harus menyelesaikan pendidikan tingkat SD dan SMP, mendapatkan rekomendasi dari SMA tersebut dan juga memiliki keterangan adanya garis keturunan dari ayah maupun ibu kandung asli yang berasal dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT.

Syarat-syarat di atas harus Anda penuhi secara lengkap dan teliti jangan sampai ada yang terlewat. Bagi Anda yang berada di Jakarta jangan lupa untuk mengikuti bimbel STAN di Jakarta agar Anda bisa mengetahui informasi terbaru dan mendapatkan soal yang up to date. Selain bimbel STAN di Jakarta, bimbel STAN ini juga hadir khusus di daerah Bekasi.

Bimbel STAN di Bekasi ini bisa Anda ikuti karena memiliki sistem pembelajaran yang sama juga dengan bimbel STAN di Jakarta. Jadi jangan khawatir dan tunggu apalagi lengkapi syarat-syarat tersebut dan pelajari semuanya hanya di bimbel STAN di Jakarta yang terpercaya. Selanjutnya tidak hanya syarat-syarat utama di atas saja, namun Anda juga harus melengkapi dokumen persyaratan yang diwajibkan di bawah ini.

  • Pas foto

Pas foto yang diupload adalah pas foto dengan latar merah dan menggunakan kemeja putih polos. Kemudian untuk perempuan yang berhijab, jilbab yang dipakai juga berwarna putih polos. Pas foto ini diupload dengan format jpg dan ukuran maksimal 300 kb.

  • KTP

Peserta yang sudah memasuki usia 17 tahun maka harus menunjukkan dokumen KTP-nya sedangkan yang belum mempunyai KTP diperbolehkan untuk menggunakan scan KK dengan ukuran file yang diperbolehkan diupload maksimal 200 kb dengan format jpg.

  • Kartu peserta

Kartu peserta juga diunggah namun dengan format pdf dan ukurannya maksimal sebesar 500 kb.

  • Scan rapor

Semua dokumen rapor dari kelas X hingga XII semester 1 atau total 5 semester yang sudah dijalankan digabung menjadi satu dengan ukuran 1000 kb dan format pdf. Dokumen ini menjadi syarat untuk peserta angkatan lulusan 2022.

  • Ijazah

Scan ijazah dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 1000 kb juga.

  • KK

Selanjutnya scan KK juga bisa Anda unggah dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 700 kb.

  • Dokumen tambahan bagi peserta afirmasi

Selain dokumen-dokumen di atas, bagi peserta afirmasi diwajibkan untuk mengunggah dokumen tambahan juga, bagi peserta afirmasi ADEM Papua dan Papua Barat dokumen yang harus diunggah bisa di download di http://bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN sedangkan untuk non ADEM dokumen tambahan yang diunggah adalah ijazah SD dan SMP, akta kelahiran peserta, KTP ayah dan ibu kandung juga surat rekomendasi sekolah yang bisa didownload di http://bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN

Itulah persyaratan pendaftaran PKN STAN beserta dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Nah sebelum mengisi pendaftaran ini, Anda juga harus giat belajar dan berlatih soal-soal yang biasanya diberikan di bimbel STAN di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi