Tahapan Pendaftaran STAN Beacukai yang Harus Anda Lalui dan Lolos!

By Bimbel PKN STAN | 17-09-21 |

Sekolah Kedinasan, pasti anda tidak asing dengan nama tersebut bukan. Sekolah kedinasan yang dibuat oleh pemerintah untuk warga Indonesia sehingga mampu mencetak lulusan mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi tinggi ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Tahapan demi tahapan pendaftaran STAN beacukai dan studi lainnya menjadi alat untuk bersaing diri guna memperebutkan kursi PKN STAN tersebut.

PKN STAN sendiri merupakan salah satu sekolah kedinasan dimana mencetak karakter mahasiswa dan mahasiswi yang unggul. Nantinya, lulusan PKN STAN ini akan meneruskan perjuangan dan menjadi penerus bangsa Indonesia dengan embel-embel Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka dari itu, perlunya berbagai macam seleksi tahapan yang harus dilakukan untuk memilih calon-calon penerus bangsa Indonesia agar tidak salah pilih nantinya.

pendaftaran STAN beacukai

Tahapan demi Tahapan Pendaftaran PKN STAN Bercukai dari Tahun ke Tahun

Tahapan seleksi PKN STAN ada 4 tahap untuk melalui pendaftaran STAN beacukai dan program studi lainnya. Di setiap tahapannya anda harus bisa lolos dan memenuhi atau mencakup keseluruhan poin-poin persyaratan tersebut. Jika ada salah satu tahapan saja yang gagal, maka jalan anda untuk menuju sekolah kedinasan PKN STAN telah usai pula.

Tahapan pertama dalam pendaftaran sekolah kedinasan PKN STAN ada seleksi administrasi. Seleksi administrasi menjadi hidangan pembuka bagi anda yang ingin mendaftarkan diri pada sekolah kedinasan. Tujuan seleksi administrasi disini adalah anda harus disiplin dan jujur dalam bertindak. Sebagai tambahan, mulai tahun 2021 seleksi administrasi PKN STAN mengalami perubahan yaitu diharuskannya memiliki nilai TPS UTBK minimal 600 untuk umum dan 400 untuk program afirmasi.

Tahapan yang kedua ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pada tahapan ini anda yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti serangkaian ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ujian yang dilaksanakan juga sesuai pada masing-masing tahun biasanya PKN STAN akan mengadakan ujian Seleksi Kompetensi Dasar ini di berbagai wilayah kota di Indonesia. Materi ujian yang akan dilaksanakan ada tiga, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tahap ketiga yaitu seleksi tes kesehatan dan kebugaran serta psikologi. Anda akan diperiksa dengan dokter dan menganalisis riwayat penyakit apa saja yang anda miliki. Dan tidak lupa adalah dengan mengikuti seleksi olahraga seperti lari, pushup, shitup, dan lain sebagainya. Simak juga artikel tentang Syarat pendaftaran STAN beacukai lainnya yang tentunya juga memberikan informasi.

Tes Kesehatan, yang mencakup pemeriksaan tinggi, berat badan, tekanan darah, kesehatan mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat. Sedangkan, tes kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat pula menjadi syarat pendaftaran STAN beacukai dan program studi STAN lainnya.

Tahapan terakhir, yang keempat adalah Tes Wawancara. Biasanya pada tes ini, banyak yang gugur karena gugup saat proses wawancara. Anda akan ditanyai seputar keperibadian, pengetahuan mengenai bangsa Indonesia, dan yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Agar Tidak Gugup saat Melalukan Wawancara Tahap Akhir

Saat anda mengikuti tahapan wawancara, tahap akhir proses pendaftaran STAN beacukai dan program studi lainnya, anda harus bersikap tenang dan pikiran jangan kosong. Anda harus mendengarkan setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh panitia dengan seksama. Ketika anda bicara, pandangan anda tidak kemana-mana agar memiliki kesan yang tegas lurus dan berpegang teguh.

Anda bisa berlatih terlebih dahulu, pada rekan anda atau keluarga anda. Anda bisa meminta mereka untuk mengajukan beberapa pertanyaan seputar Negara Indonesia dan anda bisa melatih untuk menjawabnya. Jangan menggunakan bahasa yang sulit, anda bisa memakai bahasa Indonesia yang sopan dan santun.

Posisi saat wawancara juga sangat penting. Anda harus duduk dengan kedua kaki yang dirapatkan dan duduk dengan tegap. Karena biasanya orang yang mewawancarai anda, pertama kali yang dilihat adalah sikap anda.

Demikian penjelasan mengenai tahapan pendaftaran STAN beacukai dan progtam studi lainnya yang dapat anda ketahui. Jangan gugup untuk melalui semua tahapan seleksi karena kesuksesan seseorang berasal dari diri sendiri. Semoga artikel ini berguna bagi anda dan diterapkan untuk kedepannya.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi