Ini Dia Informasi Terupdate Terkait Persyaratan Lulus  Nilai Mati 3 Materi SKD

By Bimbel PKN STAN | 16-02-22 |

Informasi tes kedinasan merupakan informasi yang sangat penting untuk diketahui semua orang yang akan mengambil tes tersebut. Karena untuk dapat lulus 3 materi SKD yang ada di dalam tes kedinasan perlu mengetahui batasan akhir nilainya.

Dengan mengetahui batasan akhir tersebut, Anda bisa membuat perkiraan untuk mengerjakannya sehingga Anda dapat meluluskan ketiga materi SKD tersebut. Bagaimanapun juga penting sekali untuk memastikan lulus ketiga materi itu.

3 Materi SKD

SKD merupakan singkatan dari Seleksi Kompetensi Dasar yang mana terdapat pada ujian masuk sekolah kedinasan atau CPNS. Ujian ini sendiri memiliki 3 bagian utama, yaitu TWK, TIU, dan TKP.

Mengupas Lebih dalam pada 3 Materi SKD

Peserta ujian akan menghadapi setidaknya sekitar 110 soal pada materi SKD ini. Untuk rinciannya sendiri, TWK ada 30 soal, TIU ada 35 soal, dan TKP ada 45 soal. Semua soal ini harus Anda selesaikan dalam waktu 100 menit saja.

Nilai mati pada ujian materi SKD ini merupakan nilai batas minimal yang harus Anda peroleh dalam setiap bagian tes SKD. Anda bisa dipastikan tidak akan lulus bila mendapatkan nilai di bawah batasan nilai mati ini.

Nah, berikut ini adalah ulasan lebih mendalam terkait ketiga bagian ujian SKD tersebut beserta persyaratan nilai mati ketiganya. Simak juga tentang seleksi lanjutan di PKN STAN yang perlu ketahui.

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK

Pada tes yang satu ini ketentuan penilaiannya adalah 5 poin untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban yang salah. Bagian ini akan menguji seberapa tingkat wawasan kebangsaan Anda dengan menjawab 30 soal yang ada dengan skor minimal 65.

Nasionalisme, bela negara, integritas, dan pilar negara adalah poin-poin yang akan diujikan pada tes SKD bagian TWK. Sehingga Anda harus memahami betul setiap poin-poin itu untuk dapat mengerjakan tesnya dengan baik.

Tes Intelegensi Umum atau TIU sebagai Bagian dari 3 Materi SKD

Aturan penilaian tes TIU sama dengan TWK dan ditambahkan, bila Anda tidak menjawab nilai yang Anda dapatkan adalah 0. Dalam TIU yang akan diujikan adalah kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Batasan minimal skor yang harus Anda dapatkan pada tes TIU adalah 80. Jadi, dari 35 soal yang ada Anda harus memastikan 16 diantaranya benar untuk mendapat nilai minimal. Tetapi tentu saja sebaiknya Anda mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari itu agar aman.

Tes Karakteristik Pribadi atau TKP

Tes yang satu ini memiliki jumlah soal yang paling banyak diantara ketiganya. Sehingga nilai terbanyak yang harus Anda dapatkan adalah di tes ini. Anda bisa mendahulukan bagian tes ini agar dapat memenuhi kuota batasan minimal skor tesnya, yaitu 126.

Tes ini akan mengujikan materi seperti pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, jejaring kerja, profesionalisme, dan anti radikalisme. Cukup banyak materinya sehingga Anda harus meluangkan waktu lebih untuk mempelajari bagian yang ini.

Setiap materi SKD memiliki tujuan pengujiannya masing-masing dan bahasan materinya masing-masing. Dalam waktu 100 menit bisa jadi Anda kesulitan untuk  menjawab semua soal tersebut. Jadi, Anda harus pandai-pandai mengatur waktu dalam mengerjakan tesnya.

Itulah informasi terkait 3 materi SKD lengkap dengan persyaratan nilai matinya. Sekarang Anda bisa mulai belajar dan meningkatkan jumlah soal yang dapat Anda kerjakan dengan benar. Anda juga bisa mulai menyusun strategi untuk menghadapi ujian SKD.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi