2 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Tes Psikotes di STAN, Apa Saja?? Ini Dia!!!

By Bimbel PKN STAN | 27-03-24 |

Hampir setiap tahun, daya tarik orang – orang yang ingin masuk ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara terbilang semakin mengalami peningkatan pesat. Namun untuk bisa lolos seleksi, pastikan memperhatikan beberapa hal penting, khususnya saat mengikuti tes psikotes di STAN.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting saat proses seleksi dilakukan, maka peluang untuk lolos dan diterima di sekolah kedinasan tersebut akan semakin terbuka lebar. Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum ikut tes psikotes STAN, cari tahu jawabannya di ulasan berikut.

Apa Saja Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ikut Tes Psikotes di STAN?

Tes Psikotes di STAN

Pada saat seseorang akan mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), biasanya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Sebab, di dalam proses seleksi tersebut umumnya terdapat banyak tahapan yang harus diikuti oleh para peserta.

Seperti tahapan Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan & Kebugaran, Tes Psikologi / Psikotes) dan Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara). Apabila peserta dapat mengikuti seleksi tersebut dengan baik, dipastikan akan lolos seleksi. Baca juga Tes Wawancara Kebangsaan di PKN STAN yang perlu ketahui.

Akan tetapi, khusus untuk tes psikologi / psikotes di STAN ini biasanya memiliki peraturan tersendiri. Sehingga bagi para peserta yang ingin lolos seleksi dalam tes ini, maka wajib memperhatikan beberapa hal tertentu di dalamnya.

Baik itu mengenai aturan & ketentuan yang diberikan, sampai dengan beberapa berkas maupun aturan pakaian sesuai kebijakan pihak STAN. Agar supaya Anda lebih paham mengenai hal tersebut, maka sebaiknya perlu menyimak penjelasannya di bawah ini.

Aturan dan Ketentuan dalam Mengikuti Tes Psikotes di STAN

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa ternyata tes psikotes di sekolah kedinasan STAN ini ternyata memiliki aturan dan ketentuan tersendiri di dalamnya. Jadi agar Anda nanti tidak salah langkah dan berakhir menyesal, maka perlu tahu apa saja aturan dan ketentuan di dalamnya.

Pada dasarnya, tes psikologi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini akan dibagi menjadi dua subtes dan harus diikuti oleh semua peserta seleksi. Adapun subtes yang dibagikan tersebut, yaitu berupa Subtes Psikologi I dan Subtes Psikologi II (Tes Wawancara).

Bagi peserta yang nantinya memilih Program Studi Diploma IV di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, maka diharuskan mengikuti kedua subtes tersebut. Sementara untuk waktu pelaksanaan subtes tersebut, biasanya akan diumumkan oleh pihak dari STAN terkait.

Untuk peserta yang mengambil Program Studi Diploma III, maka hanya perlu mengikuti Subtes Psikologi I dengan waktu yang sudah ditentukan. Namun, pastikan peserta datang lebih awal sebelum tes dilakukan. Baca juga tes wawancara di STAN tahap yang penting.

Berkas dan Aturan Pakaian yang Harus Dipatuhi Para Peserta

Berikutnya, peserta juga perlu memperhatikan mengenai berkas dan aturan pakaian yang diminta oleh pihak STAN. Umumnya, ada banyak sekali berkas dan aturan pakaian yang memang wajib dipatuhi oleh para peserta tes psikotes STAN.

Akan tetapi secara umum, Anda dapat melihat berkas dan aturan pakaian yang diminta seperti berikut ini.

  • Membawa Surat Tugas untuk mengikuti tes dari pihak Kepala Kantor / Pejabat yang berwenang.
  • Membawa Bukti Peserta Seleksi (BPS).
  • Membawa kartu identitas diri asli berfoto dan masih berlaku.
  • Membawa perlengkapan alat tes lengkap.
  • Mengenakan pakaian dengan ketentuan tertentu sesuai dengan aturan dan kebijakan dari pihak STAN.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka dipastikan Anda dapat mengikuti tes psikotes di STAN dengan lancar serta peluang untuk lolos seleksi semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami
Kebijakan Privasi