5 Materi yang Harus Dipersiapkan Sebelum Tes Wawancara Kebangsaan di PKN STAN

By Bimbel PKN STAN | 27-03-24 |

Bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan di PKN STAN, maka wajib untuk mengikuti yang namanya Tes Wawancara Kebangsaan (TWK). Ini dikarenakan, tes tersebut termasuk salah satu persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh seseorang agar lolos seleksi nantinya.

Dalam tes tersebut, biasanya akan ada beberapa materi yang harus dipersiapkan dengan matang oleh para peserta seleksi PKN STAN. Untuk Anda yang berencana mendaftar di sekolah kedinasan ini, maka perlu tahu apa saja materi yang perlu dipersiapkan di dalamnya. Baca juga tes wawancara seleksi STAN yang perlu ketahui.

Daftar Materi yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tes Wawancara Kebangsaan di PKN STAN

Tes Wawancara Kebangsaan di PKN STAN

Penting untuk Anda ketahui, bahwa di PKN STAN sendiri umumnya memiliki beberapa tahapan seleksi yang mau tidak mau harus diikuti oleh para peserta. Salah satu tahap seleksi yang perlu diikuti, yakni tes TWK yang dilakukan setelah peserta berhasil melewati tes tahap 1 dan 2.

Secara umum, tes TWK ini mengharuskan para peserta untuk mengerjakan soal – soal yang berkaitan dengan materi tertentu. Agar supaya Anda bisa lebih mudah mengerjakan soal TWK tersebut, maka perlu mempelajari beberapa materi kebangsaan di antaranya sebagai berikut.

Materi Tes Wawancara Kebangsaan Ideologi Pancasila

Pertama, ada materi Ideologi Pancasila yang dikenal sebagai dasar penting bagi kehidupan negara Indonesia. Di samping itu, Pancasila juga merupakan landasan dari segala keputusan bangsa dan dapat mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.

Oleh karena itulah, sangat penting bagi seseorang untuk mempelajari materi TWK Ideologi Pancasila ini. Sebab dengan menguasai materi ini, dipastikan Anda akan mudah mengerjakan soal – soal yang diberikan nantinya.

Materi Undang – Undang Dasar 1945

Berikutnya, Anda juga wajib mempelajari materi seputar Undang – Undang Dasar 1945 yang dikenal sebagai hukum dasar tertulis di negara Indonesia. Disini dikatakan, bahwa Undang – Undang Dasar 1945 merupakan hukum dasar tertulis yang mengikat berbagai pihak.

Yakni mulai dari pihak pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat sampai dengan warga negara Indonesia itu sendiri. Materi yang dipelajari di dalamnya berupa pengertian, fungsi sampai dengan kedudukan Undang – Undang Dasar 1945 tersebut.

Materi Bhinneka Tunggal Ika

Materi dalam TWK, juga ada berupa Bhinneka Tungga Ika yang memang harus dikuasai oleh para peserta PKN STN. Diketahui, Bhinneka Tunggal Ika dikatakan sebagai semboyan bangsa Indonesia yang sudah tertulis pada lambang negara, yakni Garuda Pancasila.

Adapun semboyan ini mengartikan, bahwa meskipun berbeda – beda, akan tetapi tetap satu jua. Dalam tes TWK nantinya, Anda perlu menguasai materi dasar seputar sejarah, fungsi dan makna dari Bhinneka Tungga Ika tersebut.

Materi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kemudian, ada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mana mengharuskan peserta mempelajari mengenai sistem tata negara Indonesia secara menyeluruh. Baik itu dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Bukan hanya itu saja, peserta juga diharuskan mempelajari seputar sejarah perjuangan bangsa. Peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global dan masih banyak lagi. Biasanya, ada banyak soal mengengai materi ini yang keluar di TWK PKN STAN nantinya. Baca juga tes wawancara di STAN yang perlu disiapkan.

Materi Demokrasi

Yang terakhir, ada materi mengenai dekomrasi sebagai sistem pemerintahan penting di suatu negara. Diketahui, demokrasi sendiri merupakan sistem pemerintahaan yang memungkinkan masyarakat agar terlibat langsung dalam pengambilan keputusan.

Ini tentu saja dilakukan demi menjaga kelangsungan hidup negara di masa depan nantinya. Apabila Anda ingin lolos dalam seleksi TWK, maka penting untuk menguasai materi seputar demokrasi di dalamnya.

Demikianlah tadi beberapa materi yang perlu Anda persiapkan dan pelajari sebelum mengikuti Tes Wawancara Kebangsaan dalam mengikuti seleksi di PKN STAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami
Kebijakan Privasi