UPDATE!!! 4 Jurusan di PKN STAN yang Harus Kamu Ketahui

By Bimbel PKN STAN | 28-07-22 |

Siap-siap daftar PKN STAN 2022, karena kembali dibuka kesempatan untuk bisa ikut seleksi. Selain kelengkapan berkas, kamu juga harus tahu jurusan apa saja yang ada di STAN agar tidak salah pilih jurusan. Terdapat 4 jurusan di PKN STAN paling populer.

Perlu diketahui bahwa peminat PKN STAN adalah yang terbanyak setiap tahunnya dibandingkan Universitas atau Perguruan Tinggi lainnya. Bahkan tercatat di dalam Rekor Muri, karena setiap daerah di Indonesia terdapat lebih dari 100 ribu siswa melamar STAN.

4 Jurusan di PKN STAN Paling Populer Wajib Kamu Tahu

Setiap tahun PKN STAN memiliki jumlah pelamar yang terus meningkat. Sebab, lulusan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ini terjamin kelulusannya. Oleh karena itu, sebelum mendaftar ada baiknya tahu 4 jurusan paling populer di STAN.

  • Jurusan Akuntansi (DIII dan DIV)

Jurusan terpopuler urutan pertama yaitu Akuntansi dengan program Diploma III (DIII) dan Diploma IV (DIV). Sebab, peluang kerja lulusan Akuntansi STAN sangat luas dibanding dengan jurusan lainnya.

Sebagai jurusan paling banyak didaftar oleh pelamar PKN STAN setiap tahunnya, tentu persaingannya sangat ketat. Sehingga hasil ujian dengan nilai tertinggi yang dapat diterima pada Jurusan Akuntansi STAN.

Mata kuliah Akuntansi STAN setara dengan S1 di Perguruan Tinggi pada umumnya. Namun, terdapat tambahan mata kuliah khusus di PKN STAN seperti akuntansi pemerintahan, keuangan publik, hukum keuangan negara, dan lain sebagainya.

  • Jurusan Pajak STAN (DI dan DIII)

Jurusan di STAN terpopuler posisi kedua diraih oleh Pajak yang terdiri dari program Diploma I dan Diploma III. Mata kuliah yang dipelajari pada Jurusan Pajak STAN meliputi PPh, PPN, PPnBM, Akuntansi dasar, dan perpajakan lainnya.

  • Kepabeanan dan Cukai (DIII)

Jurusan Kepabeanan dan Cukai di STAN menjadi yang terpopuler urutan ketiga. Jurusan ini memiliki persyaratan yang ketat untuk pelamarnya, tapi tidak pernah sepi peminat. Setiap pelamar wajib memenuhi kriteria tinggi badan dan kesehatan.

Calon pelamar STAN di Jurusan Kepabeanan dan Cukai harus memiliki mata yang sehat, dan tidak buta warna. Jika kamu memiliki mata minus atau silinder, hanya yang min 2 boleh ikut mendaftar jurusan terpopuler di STAN ini. Baca juga les online dengan fasilitas memuaskan.

  • Jurusan Manajemen Keuangan (DIII)

Jurusan STAN terpopuler di urutan terakhir adalah Manajemen Keuangan dengan program Diploma III (DIII). Kamu yang punya keahlian atau suka dengan hitung-menghitung cocok untuk melamar STAN pada jurusan ini.

Kiat Memilih Jurusan di STAN agar Lulus

PKN STAN memang memiliki persaingan yang super ketat setiap tahunnya. Pelamar wajib memenuhi berbagai persyaratannya untuk dinyatakan lulus berkas PTN STAN. Selanjutnya, barulah bisa mengikuti serangkaian ujian lainnya, karena itu perlu kiat berikut ini.

  • Pilihlah jurusan PKN STAN sesuai dengan kemampuan dan jangan berdasarkan ikut-ikutan. Sebab, saingan kamu untuk lulus ada di seluruh penjuru daerah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak harus populer, tapi lihatlah peluang kerja apabila tercatat sebagai lulusan dari jurusan yang ada STAN. Apalagi pilihan jurusan STAN sangat banyak, dan bisa disesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki.
  • Pengalaman selama SMA/ MA sederajat bisa juga dijadikan acuan untuk memilih jurusan saat ingin daftar STAN. Misal, selama sekolah aktif organisasi Paskibra, maka bisa memilih Jurusan Kepabeanan dan Cukai STAN.

Apapun jurusan di PKN STANpasti memiliki peluang kerja yang nyata. Tidak heran, pelamar STAN selalu bertambah setiap tahunnya. Kamu harus mempersiapkan kemampuan akademik dan juga kesehatan untuk menghadapi rangkaian seleksi masuk STAN 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi