Ini Dia 4 Tahapan Tes PKN STAN Terbaru di Tahun 2022 yang Harus Kamu Tahu

By Bimbel PKN STAN | 22-09-22 |

Terdapat 4 tahapan tes PKN STAN yang perlu untuk Anda ketahui jika ingin kuliah dan melanjutkan pendidikan di PKN STAN. Untuk calon pendaftar pastikan di sini agar mencatat hal tersebut agar nantinya lebih memudahkan bagi Anda saat Ingin mendaftar di PKN STAN.

Apa Saja 4 Tahapan Tes PKN STAN?

4 Tahapan Tes PKN STAN: Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi di kampus PKN STAN memang menyaring peserta berdasar pada persyaratan untuk program reguler serta program afirmasi. Dikarenakan nilai UTBK adalah salah satu syarat administratif para peserta seleksi PKN STAN guna memenuhi nilai maksimal di dalam UTBK STAN yang sudah ditentukan.

Seleksi Kompetensi Dasar

Selanjutnya 4 tahapan tes PKN STAN yaitu seleksi kompetensi dasar. Seleksi kompetensi dasar ini memakai sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN. Tahap seleksi itu sendiri terdiri atas tes karakteristik pribadi, tes wawasan kebangsaan serta tes intelegensi umum.

Peserta seleksi untuk PKN STAN sendiri dinyatakan lolos SKD. Jika di sini telah memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai dengan ketentuan serta telah berada di peringkat yang benar-benar sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk seleksi lanjutan 1. Jumlah kebutuhan peserta yang lolos untuk seleksi lanjutan 1 tersebut ditentukan oleh pihak panitia Pusat.

SKD itu sendiri diikuti oleh peserta yang lolos dalam seleksi administrasi serta telah melakukan pembayaran sebelumnya. Pada penyelenggaraan tahun lalu untuk biaya pendaftaran PKN STAN sendiri sebesar Rp 350.000. Hal itu termasuk dalam biaya SKD, yaitu sebesar Rp 50.000. 4 tahapan tes PKN STAN ini memang perlu untuk diikuti.

Seleksi Lanjutan 1

Untuk tahapan seleksi lanjutan 1 terdiri atas tes kebugaran dan kesehatan serta tes psikologi. Tes kesehatan dan kebugaran ini meliputi antara lain pemeriksaan untuk berat badan dan tinggi, mata, tekanan darah atau pemeriksaan kesehatan lain yang mana di sini ditentukan oleh panitia Pusat.

Di dalam 4 tahapan tes STAN tersebut peserta nantinya juga akan diuji lari untuk mengelilingi lintasan dan juga shuttle run, push up, pull up atau chinning, sit up maupun aktivitas lain yang mana di sini ditentukan oleh panitia pusat. Sementara itu untuk tes psikologi dilaksanakan berbasis komputer. Peserta nantinya akan dinyatakan lulus seleksi lanjutan 1 jika di sini memenuhi kriteria kebugaran dan kesehatan dan juga kriteria psikologi. Baca juga bimbel PKN STAN yang lainnya supaya lebih puas.

Nilai seleksi lanjutan 1 adalah penjumlahan antara dua kriteria menggunakan bobot masing-masing yaitu sebesar 50%. Peserta juga wajib berada di peringkat yang benar-benar sesuai dengan jumlah kebutuhan agar bisa dinyatakan lolos serta lanjut untuk seleksi lanjutan 2. Seperti seleksi lanjutan 1 jumlah kebutuhan para peserta yang lulus seleksi lanjutan 2 ini nantinya akan ditentukan oleh pihak panitia pusat.

Seleksi Lanjutan 2

4 tahapan tes yang selanjutnya yaitu seleksi lanjutan 2. Di dalam seleksi tersebut nantinya peserta akan mengikuti tes wawancara. Peserta akan melakukan wawancara di sebuah tempat yang sudah ditetapkan oleh pihak pewawancara.

Nantinya peserta yang mengikuti ujian akan dinyatakan lulus seleksi atau tidak jika sudah memenuhi standar minimal kriteria wawancara serta berada di dalam peringkat yang sudah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus untuk tes SPMB PKN STAN ditetapkan oleh panitia Pusat.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa saja 4 tahapan tes PKN STAN yang penting untuk Anda ketahui. Semua tahapan tersebut harus diikuti oleh para peserta supaya nantinya bisa lolos dan diterima di PKN STAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi