Mengenal 4 jurusan di PKN STAN yang terfavorit

By Bimbel PKN STAN | 26-04-21 |

Mengenal 4 jurusan di PKN STAN yang terfavorit. Setiap Jurusan yang ada di perguruan tinggi tentunya memiliki keunikan atau tujuan masing-masing dalam mendidik para mahasiswa. Hingga bisa menjalani pekerjaan yang dicintainya. Hampir semua jurusan yang ada di PKN STAN merupakan jurusan-jurusan yang paling diminati. Atau menjadi favorite untuk para mahasiswa di bidangnya. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang 4 jurusan terfavorit PKN STAN yang wajib untuk kamu ketahui.

Jurusan di PKN STAN
Jurusan di PKN STAN

Inilah Jurusan Di PKN STAN tepat

Jurusan di PKN STAN: Akuntansi

Seperti namanya, Politeknik Keuangan Negara atau biasa disingkat PKN pastinya memiliki jurusan Akuntansi yang dijamin jadi favorit bagi para pendaftar. Bahkan, hampir 50% mahasiswa PKN STAN juga berasal dari Jurusan Akuntansi. Kebanyakan mahasiswa memilih jurusan iniĀ  karena lulusan Akuntansi biasanya memiliki peluang yang lebih besar. Dimana untuk penempatan kerja yang lebih luas jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya. Simak juga tentang tips sukses PKN STAN

Jurusan PKN STAN Akuntansi ini terdiri dari 2 program yaitu Diploma 3 dan Diploma 4. Jurusan akuntansi sangat menilai hasil ujian saringan masuk paling ketat. Karena, Ilmu Akuntansi yang akan dipelajari pada jenjang Diploma di PKN STAN sama mahasiswa S1 di perguruan tinggi lain. Justru mahasiswa PKN STAN akan dibekali ilmu tambahan seperti Akuntansi Pemerintahan, Hukum Keuangan Negara, Publik dan matakuliah-matakuliah lain sejenisnya.

Pajak

Jurusan Pajak menjadi jurusan terfavorit di PKN STAN yang terdiri dari Prodi Diploma 3 Pajak, Diploma 3 Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai, dan juga Diploma 1 Pajak. Perpebadaan jurusan Pajak di PKN STAN dan perguruan tinggi pada umumnya adalah meskipun mahasiswa sama-sama diajari membuat laporan keuangan perpajakan, tapi mahasiswa Pajak di PKN STAN turut belajar juga tentang administrasi / tata usaha pemungut pajak terkait dengan aturan keuangan negara.

Pajak Penghasilan, Pajak Penjualan Barang Mewah, Pajak Pertambahan Nilai, Akuntansi Dasar sampai Menengah, dan matakuliah-matakuliah lainnya adalah menu wajib yang pastinya harus dan wajib dipelajari dengan tuntas oleh mahasiswa Pajak Jurusan PKN STAN. Meski matakuliah pajak dinilai cukup sulit, tapi yakinlah kalau jurusan ini akan menyenangkan untuk dioerjuangkan. Apalagi, jika kamu paham dengan sedapnya gaji pegawai Ditjen Pajak.

Kepabeanan dan Cukai

Jurusan yang terdiri dari Program Diploma 3 dan Diploma 1 ini sering dianggap hanya untuk laki-laki saja. Hal ini dikaeenakan sistem perkuliahan Kepabeanan dan Cukai yang bersifat semi militer dan bertujuan untuk menggembleng calon-calon petugas penjaga pelabuhan dan perbatasan dari banyaaknya kemungkinan penyelundupan yang memasuki negara.

Sesuai sistem semi militernya, Jurusan PKN STAN yang satu ini menuntut para calon mahasiswanya untuk melewati seleksi fisik yang ketat. Misalnya, penglihatan atau mata tidak boleh minus dan juga tidak boleh silinder lebih dari tiga, tidak boleh buta warna, dan seleksi fisik lainnya. Selain persyaratan fisik semi militer, para calon petugas Bea dan Cukai di PKN STAN juga harus memerlukan otak yang encer, contoh kecilnya harus bisa menguasai materi kimia dasar.

Manajemen Keuangan

Jurusan STAN yang satu ini terdiri dari tiga Program Studi, yaitu D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, dan juga D1 Kebendaharaan Negara. Mahasiswa Prodi Kebendaharaan Negara belajar tentang berbagai hal antara lain perencanaan, pelaksanaan, dan juga pelaporan penggunaan keuangan negara.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai beberapa program studi dan juga jurusan di PKN STAN, semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kamu tentang berbagai hal yang ada si PKN STAN. Pastikan jurusan dan program studi yang kamu pilih sudah cocok dengan kepribadian kamu ya.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi