9 Perbedaan Materi UTBK PKN STAN Antara PPU, PBM dan PK, Kenali dan Pelajari Bersama Bimbel PKN STAN Terbaik dan Tingkatkan Peluang Lulus

By Bimbel PKN STAN | 11-02-22 |

Materi UTBK PKN STAN Ujian UTBK terdiri dari dua jenis tes yakni Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

UTBK akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan. Untuk itu, perlu mempersiapkan diri untuk ujian tersebut. Salah-satunya dalah memperdalam pemahaman terhadap materi yang akan diujikan.

Tes Kemampuan Akademik memuat soal-soal ujian yang berisi tentang materi berhubungan dengan jurusan misalnya untuk jurusan saintek mata pelajaran fisika, kimia, dan sebagainya. Sedangkan untuk jurusan soshum seperti ekonomi dan mata pelajaran lainnya.

Sedangkan untuk Tes Potensi Skolastik adalah soal-soal yang akan menguji kemampuan. Misalnya kemampuan verbal, membaca, menulis, matematika dasar dan lainnya. TPS bertujuan mengukur kemampuan kognitif yang akan digunakan di perguruan tinggi.

Materi UTBK PKN STAN

Adapun subtes untuk materi UTBK PKN STAN Tes Potensi Skolastik diantaranya adalah Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), dan Pengetahuan Kuantitatif (PK).

Perbedaan Materi UTBK

Ketiga subtes untuk Tes Potensi Skolastik (TPS) yakni Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) dan Pengetahuan Kuantitatif (PK) memiliki perbedaan diantaranya

Materi PPU

Materi UTBK PKN STAN pertama adalah Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan subtes melalui teks dan paragraf yang terdiri dari grafik, tabel dan lainnya. Selain membaca teks atau lainnya, peserta ujian harus memahami isi informasi yang disajikan.

Adapun materi Analisa tabel, diagram dan grafik. Menemukan gagasan, ide poko dan inti. Silogisme. Memahami bahasa buatan. Menemukan pernyataan sesuai atau tidak sesuai. Logika matematika, deret, hitung cepar, tebak bilangan dan perbandingan. Simak juga tentang materi ujian tps sebagai bekal nanti ujian.

Materi PBM

Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) merupakan subtes TPS berisi soal yang akan menguji kemampuan bahasa seperti isi bacaan dan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang benar.

Adapun materinya yakni gagasan utama, pembuatan judul, pola teks, jenis kalimat efektif dan tidak efektif, betuk kalimat logis dan tidak logis, konjungsi, tanda baca, denotative dan konotatif, kata baku dan tidak baku serta kata berimbuhan.

Materi PK

Materi UTBK PKN STAN yang dimuat dalam Pengetahuan Kuantitatif (PK) adalah garis dan program linear, invers dan fungsi, matriks, persamaan pertidaksamaan, bunga dan diskon, pola bilangan, pecahan, geometri, akar dan eksponen serta perbandingan kecepatan dan jarak.

Cara Mendaftar PKN STAN

Untuk daftar PKN STAN, peserta harus daftar dahulu dalam ujian Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Adapun tahapannya adalah

  • Pertama adalah login ke portal SSCASN sesuai ketentuan waktu.
  • Mengisi data, melengkapi syarat pendaftaran, unduh dan unggah semua dokumen yang dipersyaratkan.
  • Selanjutnya login ke www.spmb.pknstan.ac.id dengan menggunakan akun SSCASN yang telah terdaftar.
  • Panitia penyelenggara akan melakukan proses verifikasi dan perlu menunggu proses tersebut selesai dan selanjutnya akan ada pengumuman seleksi administrasi.
  • Tahapan selanjutnya adalah peserta melakukan generate kode Mandiri Virtual Account dalam situs www.spmb.pknstan.ac.id
  • Lakukan pembayaran sesuai yang tertera dalam situs.
  • Login kembali ke situs SSCASN dan cetak kartu ujian PKN STAN

Selain belajar secara mandiri, untuk mempersiapkan ujian dapat mengikuti bimbingan belajar. Memilih tempat bimbel untuk menunjang kelulusan PKN STAN harus yang terbaik dan terbukti dalam meningkatkan peluang kelulusan pada ujian tersebut.

Dalam mempersiapkan ujian UTBK untuk PKN STAN harus memahami materi UTBK PKN STAN. Dengan itu, biasakan diri untuk latihan soal atau jika perlu mengikuti bimbingan belajar untuk memaksimalkan persiapan sebelum ujian.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi