Alur Pendaftaran PKN STAN Terbaru!!! Menggunakan Nilai UTBK loohh. Jangan Sampai Salah!!

By Bimbel PKN STAN | 22-09-22 |

Sekolah kedinasan dalam program studi apapun tidak pernah sepi peminat. Salah satunya yaitu STAN dengan jumlah pendaftar yang telah tercatat per tanggal 30 April 2022 pukul 17.00 sebanyak 31.992. Terhitung sebanyak 27.759 pendaftar telah menyelesaikan proses kunci data. Alur pendaftaran PKN STAN terbaru dengan nilai UTBK untuk bisa lolos tahap selanjutnya.

Alur Pendaftaran PKN STAN Terbaru, Tahapan Seleksi Setelah Lolos Nilai UTBK

Sebelum mengetahui alur tahapan seleksinya, ada baiknya menilik nilai minimal UTBK STAN tahun ini. Bagi peserta program reguler, minimal untuk skor TPS sebanyak 600 dan untuk skor TBI minimal 450. Sementara untuk peserta program afirmasi harus mempunyai skor TPS minimal 400 dan skor TBI minimal 375.

Peserta harus lolos nilai minimal UTBK untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya. Jika tidak memenuhi nilai minimal yang sudah tertera, maka secara otomatis tidak akan lolos tahap selanjutnya. Bagi peserta yang sudah melalui tahap UTBK dan lolos maka bisa melanjutkan ke tahap lain dari SKD ke tahap selanjutnya. Simak alur pendaftaran PKN STAN terbaru di bawah ini

Alur Seleksi Pendaftaran STAN Terbaru

  1. Seleksi Administrasi

Seleksi adminitrasi menjadi seleksi awal bagi seluruh peserta baik program reguler maupun afirmasi.  Salah satu dari seleksi ini adalah menjaring dari nilai UTBK peserta. Selain itu ada beberapa persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh para peserta. Biasanya ada sedikit perbedaan antara syarat untuk program reguler dan syarat untuk program afirmasi.

  • Seleksi KD (Kompetensi Dasar)

Alur pendaftaran PKN STAN terbaru yaitu seleksi kompetensi dasar menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Adapun seleksi ini meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum dan juga Tes Wawasan Kebangsaan. Peserta akan dinyatakan lolos saat mampu memenuhi nilai dari ambang batas SKD yang sudah ditentukan.

Selain harus memenuhi nilai ambang batas peserta juga akan dilihat posisi dari peringkatnya karena akan disesuaikan dengan jumlah kebutuhan di Seleksi Lanjutan I. Jumlah untuk kebutuhan peserta yang lolos Seleksi Lanjutan I akan ditentukan oleh panitia pusat. Tes SKD diikuti para peserta yang lolos Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran. Baca juga 4 tahapan tes PKN STAN yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Seleksi Lanjutan I

Alur pendaftaran STAN selanjutnya yaitu seleksi Lanjutan I yakni Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi. Tes Kesehatan dan Kebugaran terdiri dari pemeriksaan berupa tinggi dan berat badan, tekanan darah, mata, dan lainnya yang telah ditentukan panitia pusat. Peserta akan melewati ujian lari keliling lintasan, shuttle run, pull up maupun chinning, push up, sit up dan aktivitas lainnya sesuai yang telah ditentukan panitia pusat.

Sedangkan Tes Psikologi berbasis komputer (Computer Based Test). Peserta dinyatakan lolos jika memenuhi kedua kriteria tes dan masing-masing berbobot 50%. Selain itu peserta juga harus berada di peringkat yang menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan agar bisa dinyatakan lolos pada Seleksi Lanjutan I.

  • Seleksi Lanjutan II

Alur pendaftaran PKN STAN terbaru yang terakhir dilakukan semi daring dengan mengikuti wawancara melalui media video conference. Sama seperti sebelumnya, tes seleksi ini akan dinyatakan lolos jika memenuhi kriteria dan juga berada di peringkat yang disesuaikan dengan jumlah kebutuhan. Jumlah kebutuhan peserta telah ditentukan oleh panitia pusat.

Demikian alur pendaftaran PKN STAN terbaru menggunakan nilai UTBK. Nilai UTBK masuk dalam salah satu syarat administrasi yang harus memenuhi agar bisa masuk ke tahap selanjutnya. Pastikan Nilai UTBK Anda sudah  memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi