Hal yang Perlu Kamu Tahu, Nilai UTBK yang Dipakai untuk Masuk STAN

By Bimbel PKN STAN | 22-04-21 |

Hal yang Perlu Kamu Tahu, Nilai UTBK yang Dipakai untuk Masuk STAN! Ada kabar baru buat Kamu yang ingin daftar di STAN, bahwasannya tahun ini kembali membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru. STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini memang menjadi sekolah kedinasan yang paling diminati oleh para masyarakat.

Kabar terbaru di 2021 ini, STAN akan membuka pendaftaran serentak bersama sekolah kedinasan lain secara daring. Proses tersebut diawasi atau berada di bawah pengawasan BKN  (Badan Keuangan Negara).

Adapun nilai UTBK kini menjadi salah satu seleksi masuk STAN. Sehingga peserta yang ingin mendaftar ke STAN, harus mengikuti UTBK terlebih dahulu. Lalu nilai UTBK apa saja yang akan dipakai untuk masuk STAN, berikut ulasan lengkapnya:

masuk STAN
masuk STAN

Nilai UTBK yang Dipakai untuk Masuk STAN

Syarat Masuk STAN dengan Nilai UTBK 2021

Untuk memenuhi syarat administrasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), nilai UTBK yang digunakan adalah TPS (Tes Potensi Skolastik). Materi TPS yang digunakan meliputi semua kelompok ujian, seperti Soshum, Saintek, maupun kelompok campuran.

Sebelumnya pihak LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), dalam live streaming melalui akun instagramnya. Melansir bahwasannya syarat masuk STAN menggunakan nilai TPS dan TKA Soshum. Namun pada tanggal 26 Januari 2021, pihak PKN STAN dan juga BPPK Kemenkeu sendiri melakukan konfirmasi. Isi konfirmasi tersebut menyatakan bahwa nilai UTBK yang digunakan untuk masuk STAN hanya TPS. simak juga tentang UKM Aikido di STAN

Meskipun pihak BPPK Kemenkeu sudah melakukan konfirmasi, bahwa syarat masuk STAN ini hanya menggunakan nilai TPS. Namun pengumuman SPMB STAN 2021 secara resmi akan diumumkan bersamaan dengan Pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan.

Ada beberapa persyaratan untuk bisa masuk STAN 2021, diantaranya sebagai berikut:

Persyaratan Kelulusan

  • Program Reguler: lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021 Sekolah Menengah Atas dan sederajat
  • Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 Sekolah Menangah Atas dan Sederajat.

Persyaratan Nilai untuk Para Peserta (Bukan Hasil Pembulatan)

  • Untuk lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak boleh kurang dari 70,00/100,00.
  • Untuk calon lulusan 2021 memiliki nilai rata-rata rapor pada 5 semester. Semester gasal dan genap untuk kelas 10, 11 juga semester gasal kelas 12, tidak kurang dari 70,00/100,00. Dengan ketentuan pada saat pendaftaran peserta sudah dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00/100,00.

Persyaratan Usia

Usia maksimal untuk masuk sekaloh tinggi akuntansi pada saat 1 September 2021 adalah 21 tahun, sedangkan usia minimalnya adalah 15 tahun.

Beberapa Persyaratan yang Tak Kalah Penting Lainnya

  • Sudah terdaftar untuk UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT 2021
  • Untuk program reguler memiliki nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600. Sedangkan untuk peserta Afirmasi memiliki nilai TPS minimal 400
  • Bebas jasmani dan rohani, serta bebas dari ketergantungan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya
  • Bagi pria tidak diperkenankan memiliki tato dan bekas tato, memiliki tindik dan bekas tindik di seluruh anggota tubuhnya. Terkecuali karena ketentuan adat dan juga agama
  • Bagi wanita tidak boleh memiliki tato dan bekas tato, memiliki tindik dan bekas tindik di seluruh tubunya. Terkecuali di telinga, itupun tidak boleh lebih dari satu tindik dibagian kanan atau kiri
  • Belum pernah menikah/kawin, dan selama melaksanakan pendidikan bersedia tidak kawin/menikah dulu.

Nah itu dia yang dapat kami sampaikan mengenai nilai UTBK untuk masuk STAN, beserta beberapa persyaratan yang dibutuhkan.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi