7 Hal yang Perlu Perhatikan Selama Menempuh Pendidikan di PKN STAN

By Bimbel PKN STAN | 14-04-22 |

Seleksi yang dilakukan PKN STAN untuk calon mahasiswa sangatlah ketat. Hasil seleksi menghasilkan mahasiswa terbaik yang akan menempuh pendidikan di PKN STAN. Sistem pembelajaran dalam sekolah kedinasan tersebut sangatlah disiplin.

Jadi, selama menempuh pendidikan di sana, semangat dan kefokusan yang tinggi menjadi hal penting. Berikut adalah 7 hal yang harus kamu perhatikan selama menjadi mahasiswa PKN STAN. Perhatikan juga artikel terkait pendaftaran ulang di pkn stan ini ya.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menempuh Pendidikan di PKN STAN

pendidikan di PKN STAN
pendidikan di PKN STAN

Menanamkan Semangat Sejak Awal

Jika ingin menjadi mahasiswa di STAN, kamu harus menanamkan semangat sejak awal. Ketika menempuh pendidikan di sekolah kedinasan tersebut, kamu akan menghadapi berbagai macam tugas dan ujian yang tidak gampang. Jika rasa semangat sudah ditanamkan sejak awal dengan niat yang kuat, segala sesuatu yang susah akan menjadi mudah.

Membuat Jadwal Pribadi

Selama kamu menempuh di PKN STAN, kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Ketika kamu tidak bisa mengondisikan kapan belajar dan kapan hiburan, jadwal akan bentrokan. Buatlah jadwal yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kurangi bermain sosmed atau semacamnya, jika ada hal yang lebih penting akan lebih baik untuk diselesaikan terlebih dahulu.

Konsisten Sebagai Salah Satu Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menempuh di PKN STAN

Setelah membuat jadwal, usahakan jadwal yang kamu buat itu berlaku. Gagal di hari pertama memang wajar. Namun di hari berikutrnya jangan sampai sesuatu yang menyebabkan kegagalan itu terjadi lagi. Ketika kamu menjalankan jadwalmu dengan tepat, kamu akan terbiasa. Setelah terbiasa dengan aturan yang kamu buat sendiri, kegiatan apapun akan berjalan dengan lancar.

Menanamkan Nilai-Nilai Kemenkeu

Kemenkeu memiliki nilai-nilai yang harus diterapkan oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Indonesia. Adapun nilai-nilai tersebut antara lain nilai integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Selema menempuh di PKN STAN, dengan menanamkan nilai-nilai tersebut, kamu akan semakin bersemangat. Tenggung jawab yang besar akan terlaksana dengan baik.

PKN STAN Tidak Membutuhkan Mahasiswa Yang Arogan

Meskipun sekolah ini adalah sekolah favorit dan terbaik angkatan kedinasan, kamu jangan pernah merasa bahwa kamu mahasiswa paling difavoritkan. Memilih belajar di PKN STAN berarti kamu memutuskan untuk mengabdi kepada negara. Tatanan dan keamanan keuangan negara ada di tangan kamu. Cukup bersemangat dan berusaha, akan menjadikan kamu sebagai mahasiswa STAN yang diharapkan negara.

Menanamkan Jiwa Kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan sangatlah penting untuk ditanamkan pada diri sendiri. Terutama untuk kamu yang menempuh di PKN STAN, memiliki jiwa pemimpin adalah sebuah keharusan. Kamu diharapkan mampu memimpin diri kamu sendiri untuk tetap menjalankan tanggung jawab mahasiswa. Jiwa tersebut akan membentengi diri kamu agar tidak terjerumus ke dalam hal mengecewakan.

Rasa Kekeluargaan Dalam Sistem Pendidikan Berasrama

Mahasiswa menjalani sistem pendidikan berasrama yang diharapkan mampu menanamkan rasa kekeluargaan. Kamu sama-sama memiliki niat untuk mengabdi ke negara. Setelah rasa kekeluargaan muncul, semua sikap baik akan ikut. Sikap tersebut bisa berupa saling menghargai hak cipta, saling menghormati pendapat, dan saling mendukung satu sama lain.  Perhatikan juga artikel terkait tes wawancara ini ya.

7 hal di atas adalah beberapa dari yang harus kamu perhatikan dan lakukan selama menempuh pendidikan di PKN STAN. Banyak keuntungan yang akan kamu peroleh sebagai mahasiswa di sana. Selain menambah pengetahuan, kamu juga diajarkan bagaimana melakukan semuanya dengan penuh tanggung jawab. PKN STAN akan mengantarkan mahasiswanya ke masa depan yang cerah.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi