9 Perbedaan Soal PPU dan PBM TPS UTBK Sebelum Mendaftar STAN

By Bimbel PKN STAN | 26-03-22 |

Sangat penting bagi seseorang yang ingin mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) di PKN STAN untuk mempelajari dan memahami materi apa saja yang nantinya akan diujikan di tes tersebut. Dalam tes ini, biasanya diberikan soal PPU (Pengetahuan dan Pemahaman Umum) serta soal PBM (Pemahaman Bacaan dan Menulis).

Meski demikian, tahukah kamu apa perbedaan soal PPU dan PBM TPS UTBK yang sering diujikan sebelum mendaftar PKN STAN?. Perhatikan juga artikel terkait perbedaan kuantitatif UTBK dan SKD TIU ini ya.

Ketahui 9 Perbedaan Soal PPU dan PBM TPS UTBK Sebelum Mendaftar PKN STAN

perbedaan soal PPU dan PGM TPS UTBK
perbedaan soal PPU dan PBM TPS UTBK

Segi Definisi

Untuk soal PPU sendiri umumnya merupakan soal yang mengharuskan setiap peserta untuk memperbanyak membaca mengenai materi agar nantinya lebih paham mengenai bacaan yang diujikan dalam tes. Sedangkan untuk soal PBM sendiri dikatakan sebagai soal yang lebih fokus pada teknik kemampuan Bahasa Indonesia untuk menguji kamu dalam memahami bacaan dari suatu teks.

Perbedaan Soal PPU dan PBM TPS UTBK dari Ciri Khasnya

Pada soal PPU dan PBM TPS UTBK yang paling menonjol yakni terletak pada ciri khas soal yang diujikan. Dimana, pada soal PPU ini memiliki ciri khas dengan menggabungkan kemampuan membaca dan kemampuan logika. Sedangkan soal PBM lebih fokus pada teknik dalam Bahasa Indonesia.

Perbedaan soal PPU dan PBM TPS UTBK dari Segi Fungsi

Umumnya, fungsi dari kedua tes TPS UTBK ini sendiri sama-sama ingin menjadikan calon peserta lebih paham mengenai materi yang diujikan. Namun untuk soal PPU sendiri umumnya berguna untuk melatih kemampuan diri sendiri dalam mengerjakan soal lebih cepat dan tepat. Sementara soal PBM berguna untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Materi Tes yang Diujikan

soal PPU dan PBM TPS UTBK selanjutnya bisa kamu lihat dari materi tes yang diujikan. Pada soal PPU sendiri biasanya memiliki materi tes bacaan dalam bentuk Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Sementara soal PBM biasanya memiliki materi tes yang lebih detail seperti penentuan judul, kata ganti, penggunaan istilah, imbuhan, kata hubung, ejaan & tanda baca serta kalimat baku.

Tipe Soal Tes

Pada soal PPU biasanya memiliki tipe soal seperti mengerti ide / gagasan utama dari sebuah teks serta memahami informasi yang lebih detail dalam teks dan lain-lain. Sedangkan soal PBM lebih ke pemahaman isi bacaan dan penalaran kebahasaan.

Jumlah Soal

soal PPU dan PBM TPS UTBK juga bisa kamu lihat dari jumlah soal yang diujikan. Untuk tes PPU biasanya terdiri dari 16 soal sedangkan untuk tes PBM terdiri dari 17 soal.

Alokasi Waku Pengerjaan

Adapun melihat dari alokasi waktu pengerjaan yang ditawarkan dari kedua soal ini yakni memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimana, pada soal tes PPU sendiri memiliki alokasi waktu selama 22,5 menit. Sementara untuk tes PBM sendiri memiliki waktu 28 menit.

Trik Mengerjakan Soal

Untuk soal PPU dan PBM TPS UTBK juga bisa dilihat dari trik mengerjakan soalnya. Dimana pada soal PPU ini kamu dituntut untuk bisa memahami secara rinci setiap informasi yang ada di dalam teks. Sementara pada soal PBM, kamu perlu memperbanyak belajar dari KBBI dan PUEBI.

Nilai Minimum

Nilai minimum untuk kedua soal TPS UTBK ini juga ternyata memiliki perbedaan. Pada soal PPU sendiri umumnya memiliki nilai minimum yakni 158,46. Sedangkan untuk soal PBM memiliki nilai minimum yakni 185,38. Perhatikan juga artikel terkait soal TPS UTBK PKN STAN ini ya.

Demikianlah ulasan menarik mengenai perbedaan soal PPU dan PBM TPS UTBK yang perlu kamu tahu agar lebih maksimal dalam mempersiapkan mengikuti tes tersebut sebelum mendaftar PKN STAN.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi