Ini Dia 9 Perbedaan Pengetahuan Kuantitatif UTBK dan SKD TIU

By Bimbel PKN STAN | 26-03-22 |

Mempersiapkan diri dalam menghadapi tes tertulis di sekolah kedinasan, memang perlu dilakukan bagi peserta yang mungkin tertarik ingin bisa lolos di tes masuk PKN STAN. Adapun dalam hal ini, kamu perlu mengetahui lebih dulu mengenai perbedaan kuantitatif UTBK dan SKD TIU dari berbagai segi.

Jika kamu mungkin penasaran mengenai perbedaan pengetahuan kuantitatif di antara keduanya, ada baiknya simak ulasan lengkapnya di bawah ini. Perhatikan juga artikel terkait soal TPS UTBK PKN STAN ini ya.

Ini Dia 9 Perbedaan Pengetahuan Kuantitatif UTBK dan SKD TIU

perbedaan kuantitatif UTBK dan SKD TIU
perbedaan kuantitatif UTBK dan SKD TIU

Segi Pengertian

Untuk tes UTBK dan SKD TIU memiliki perbedaan mendasar. Dimana, untuk tes UTBK biasanya akan dilihat pada kemampuan kognitif, logika / nalar serta pemahaman umum melalui TPS. Sedangkan untuk tes SKD TIU ini biasanya merupakan tes kemampuan dasar untuk menilai kemampuan dalam 3 aspek yakni numerik, figural dan verbal.

Perbedaan Pengetahuan Kuantitatif UTBK dan SKD TIU dari Tipe Soal

Perbedaan UTBK dan SKD TIU juga terlihat dari beberapa tipe soal yang dinilai berbeda. Dimana, untuk materi TPS pada UTBK biasnaya menghadrikan tipe soal seperti pemahan bacaan dan tulisan, penalaran umum, pengetahuan umum dan pengetahuan kuantitatif. Sedangkan di SKD TIU biasanya terdapat materi berupa kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.

Perbedaan Kuantitatif UTBK dan SKD TIU dari Segi Fungsi

Untuk tes UTBK biasanya dilakukan untuk memprediksi calaon peserta agar mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Sedangkan tes SKD TIU dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang baik dari kemampuan figural, verbal, berpikir logis dan analitis serta numerik.

Cakupan Soal yang Diujikan

Perbedaan UTBK dan SKD TIU selanjutnya yakni pada cakupan soal yang diujikan. Dimana, untuk tes UTBK ini sendiri umumnya mencakup soal Matematika di antaranya seperti Geometri, Statistika, Peluang, Logika dan Aljabar dan lain sebagainya. Sementara untuk tes SKD TIU sendiri terdiri dari soal-soal yang erat kaitannya dengan kemampuan figural, verbal, berpikir logis dan analitis serta numerik.

Jumlah Soal yang Diujikan

Pada tes UTBK sendiri umumnya disajikan beberapa soal yang mana terdiri dari 160 soal untuk kategori Saintek dan 180 untuk kategori Soshum. Hal ini jauh berbeda dengan tes SKD TIU yang mana hanya terdiri dari 35 butir soal pilihan ganda yang harus dikerjakan oleh setiap peserta.

Lama Waktu Pengerjaan Soal

Hal yang perlu Anda ketahui mengenai perbedaan UTBK dan SKD TIU yakni mengenai lama waktu pengerjaannya. Dimana, untuk tes UTBK sendiri biasanya memiliki alokasi waktu 195 menit. Sedangkan untuk tes SKD TIU diberikan alokasi waktu 100 menit.

Passing Grade Skor Ujian

Pada tes UTBK sendiri umumnya memiliki passing grade yang dinilai aman pada kisaran angka 650 – 700. Sementara untuk passing grade yang aman pada SKD TIU yakni pada skor minimal 80.

Perbedaan Nilai Skor

Selanjutnya mengenai perbedaan UTBK dan SKD TIU terletak pada perbedaan nilai skor yang didapatkan peserta. Dimana, untuk nilai benar pada 1 soal UTBK akan mendapatkan skor 1. Sementara itu, untuk nilai benar pada 1 soal SKD TIU akan mendapatkan skor 5.

Kelebihan yang Ditawarkan

Dari kedua tes yang ditawarkan, keduanya memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Dimana untuk tes UTBK ini hadir untuk bisa menjangkau semua peserta yang mengikuti tes. Sedangkan untuk tes SKD TIU ini sendiri bisa mengukur kemampuan diri seseorang dari segi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis. Perhatikan juga artikel terkait trik kerjakan soal bahasa Inggris TPS ini ya.

Itulah tadi beberapa perbedaan kuantitatif UTBK dan SKD TIU yang bisa menjadi pengetahuan dan pemahaman kamu sebelum mengikuti tes tersebut.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi