Apa itu tes EPPS ?? Ini dia penjelasannya !

By Bimbel PKN STAN | 23-01-23 |

Anda akan menghadapi psikotes EPPS? Namun merasa asing dan kebingungan akan hal itu? Maka Anda melakukan hal tepat dengan mengunjungi tulisan kami kali ini. Sebab kami akan memberikan penjelasan mengenai tes EPPS dengan singkat padat dan jelas.

Jika Anda sedang melamar pekerjaan pasti salah satu syarat lulus seleksi adalah psikotes. Nah, salah satu tes psikotes yang akan Anda hadapi nantinya adalah tes psikotes EPPS. Sebab dengan tes ini, kepribadian seseorang akan di ketahui dengan baik.

Bahkan tes EPPS ini di anggap paling kredibel di banyak perusahaan. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu psikotes EPPS. Dan kami akan memberikan informasi lengkapnya di bawah ini. Baca juga PKN STAN menggunakan nilai Psikotes, Ini dia materi tes nya.

Sebenarnya Apa sih Tes EPPS itu ??

EPPS sendiri merupakan singkatan dari Edward's Personal Preference Schedule, yang termasuk bentuk tes untuk mengukur kepribadian seseorang. Hal tersebut dapat di lihat dari motif atau jawaban yang di pilih orang tersebut.

Tes EPPS di temukan pertama kali oleh Henry A. Murray pada tahun 1938, ia mengembangkan tes ini dengan metode Forced Choice. Yakni sebuah metode yang mewajibkan peserta tes untuk memilih pernyataan di antara kedua pernyataan yang diberikan.

Proses atau Cara Kerja Tes EPPS

Tes ini sejatinya bisa di katakan gampang-gampang susah. Sebagai peserta tes, nantinya Anda akan di berikan selembar soal yang berisikan 225 pertanyaan dan selembar kertas jawaban. Soal-soal tersebut hanya berisikan jawaban biner antara A atau B.

Anda akan di berikan waktu kurang lebih selama 40 menit hingga 60 menit untuk mengerjakan soal tes EPPS. Jika di kalkulasikan antara jumlah soal dan waktu, Anda hanya memiliki sekitar 10 detik saja untuk mengerjakan satu soalnya.

Jika sampai batas waktu yang di tetapkan Anda masih belum menyelesaikan semua soal. Maka pihak pemeriksa akan menganggap jika Anda terlalu banyak berfikir untuk memilih jawaban yang di inginkan.

Dalam tes EPPS ini tidak ada penilaian soal jawaban yang benar dan salah ya! Anda hanya harus memilih salah satu dari kedua pernyataan yang disukai atau mendekati hal yang di sukai.

Pada dasarnya tes ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, motif, hingga kebutuhan seseorang. Bahkan dengan tes piskotes ini, seseorang bisa terlihat minat dan juga bakatnya.

Maka tes EPPS ini sangat berguna bagi perusahaan, agar bisa menilai apakah calon pekerja tersebut memenuhi kriteria yang diinginkan atau tidak.

Beberapa Tips Mengerjakan Tes EPPS

Meskipun sejatinya soal-soal yang diberikan pada tes ini cenderung ke pilihan pribadi masing-masing. Namun tetap saja, seseorang membutuhkan beberapa tips agar bisa mengerjakannya dengan baik. Nah, berikut beberapa tips untuk mengerjakan soal-soal EPPS:

  1. Istirahat yang cukup, sebab kurangnya waktu beristirahat bisa menurunkan konsentrasi dan memecahkan fokus seseorang
  2. Cermati hal-hal apa saja yang di minta oleh penguji
  3. Jangan pernah menjawab pertanyaan dengan asal, meskipun soal-soal tersebut terlihat sepele sekalipun. Sebab pihak pemeriksa jawaban, akan mengetahui kepribadian Anda seperti apa lewat jawaban-jawaban yang di berikan
  4. Jangan melakukan kebohongan! Karena tes ini menunjukan kepribadian seseorang, maka tidak sedikit yang akan memilih jawaban dengan citra baik padahal ia tidak seperti itu.

Pilihlah jawaban dengan jujur dan hal tersebutlah yang benar-benar menggambarkan diri Anda.

  1. Mengerjakan soal dengan rileks jangan di buat tegang, karena akan menjadi sebuah tekanan
  2. Sebelum benar-benar di kumpulkan, periksa kembali jawaban tersebut agar tidak ada yang terlewat.

Nah itu dia beberapa informasi menarik yang perlu Anda ketahui tentang tes EPPS. Jika Anda ingin mendapatkan hasil lebih baik, maka bergabunglah dengan bimbingan belajar di http://bimbelpknstan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami
Kebijakan Privasi