5 Kesehatan yang Akan Dilakukan Saat Tes Kesehatan STAN, Perhatikan dan Persiapkan!!!

By Bimbel PKN STAN | 25-03-24 |

Beberapa orang, umumnya memiliki impian untuk bisa menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Agar bisa diterima masuk ke STAN, biasanya akan ada beberapa tes yang harus dilakukan peserta, misalnya seperti tes kesehatan STAN.

Di dalam tes tersebut, biasanya ada beberapa pengecekan kesehatan yang akan dilakukan oleh pihak terkait. Bagi Anda yang berencana mendaftar di sekolah kedinasan tersebut, maka bisa menyimak informasi selengkapnya mengenai tes tersebut berikut ini. Baca juga Tes kesehatan di STAN bertujuan untuk mengevaluasi kondisi kesehatan.

Macam – Macam Kondisi Kesehatan yang Dicek Saat Tes Kesehatan STAN Dilaksanakan

Tes Kesehatan STAN

Sebagai informasi, bahwa Tes Kesehatan di STAN sendiri umumnya merupakan sebuah tes yang ditujukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kebugaran para peserta STAN. Biasanya, kondisi kebugaran yang akan dicek disini yakni dari mulai kondisi kebugaran jasmani dan rohani.

Apabila peserta berhasil melewati serangkaian tes ini, maka mereka akan dinyatakan lolos dan bisa mengikuti seleksi tahap selanjutnya di sekolah kedinasan. Beberapa kondisi kesehatan yang biasanya akan dicek dalam tes ini, di antaranya yakni sebagai berikut!

Pengecekan Tes Kesehatan STAN Secara Umum

Tes kesehatan umum ini, biasanya akan melakukan pengukuran dari segi tinggi badan, berat badan, tingkat nadi sampai dengan tekanan darah para peserta. Mengenai pengukuran berat badan ideal, biasanya dihitung dengan cara mengurangkan tinggi badan dengan angka 110.

Kendati demikian, di STAN biasanya tidak ada ketentuan khusus mengenai berat badan ideal yang diterima bersekolah di dalamnya. Sebab yang terpenting adalah, peserta dinyatakan sehat jasmani maupun rohani.

Pengecekan Kesehatan Mata

Berikutnya, ada cek kondisi mata yang mana mengharuskan peserta untuk duduk dalam jarak 5 m di depan papan bertuliskan berbagai rangkaian huruf tertentu. Jika Anda menggunakan kacamata, maka penting mengikuti tes tersebut.

Di samping itu, nantinya juga ada pengecekan kondisi buta warna bagi para peserta STAN. Dalam hal ini, peserta akan diminta untuk melihat bintik warna yang akan membentuk sebuah angka.

Pengecekan Kesehatan Telinga Hidung Tenggorokan (THT)

Mengenai kondisi telinga, hidung dan tenggorokan (THT) juga akan dilakukan pengecekan saat ikut seleksi STAN. Nantinya, pihak tertentu akan mengecek apakah kondisi THT peserta dalam kondisi sehat atau justru terdapat luka.

Agar bisa lolos seleksi Tes Kesehatan di STAN, penting bagi Anda untuk memastikan agar kondisi THT tersebut dalam keadaan sehat dan tidak ada luka.

Pengecekan Kesehatan Gigi

Selanjutnya, ada pelaksanaan cek kondisi kesehatan gigi peserta yang nantinya ikut Tes Kesehatan di STAN. Khusus untuk pengecekan gigi, biasanya dilakukan oleh dokter gigi dengan melihat bagaimana kondisi gigi para peserta tersebut. Baca juga Tes kebugaran STAN merupakan salah satu tahapan penting.

Adapun dalam pemeriksaan tersebut, nantinya peserta akan dicek apakah terdapat lubang gigi cukup kronis atau justru sebaliknya. Sementara mengenai kerapian gigi, biasanya panitia masih memberikan toleransi.

Pengecekan Kesehatan Pembuluh Vena

Terakhir, ada pengecekan kesehatan bagian pembuluh vena yang juga akan dilakukan oleh pihak dokter terkait. Pengecekan ini, biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah peserta menderita masalah kesehatan varises atau tidak.

Dalam mengetahui kondisi ini, dokter akan menyuruh peserta STAN untuk berdiri dengan posisi kaki berjinjit. Lalu bagian betis belakang akan dilakukan pemeriksaan. Jika terdapat gangguan varises, maka peserta dinyatakan tidak lolos dalam seleksi STAN tersebut.

Mengetahui beberapa pengecekan kondisi kesehatan yang sudah dijelaskan di atas, sangat penting untuk seseorang ketahui dan pahami. Sehingga, Anda dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin ketika nantinya akan mengikuti tes kesehatan STAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami
Kebijakan Privasi