Ini dia 2 Tahapan Tes Psikotes di PKN STAN

By Bimbel PKN STAN | 11-12-22 |

Dalam penerimaan mahasiswa baru PKN STAN, pastinya aka nada tes masuk yang sekiranya membuat Anda di sibukkan dengan persiapan yang matang termasuk Tes Psikotes di PKN STAN. Karena pastinya untuk bisa masuk menjadi mahasiswa kenamaan milik negara ini tidak mudah. Akan ada banyak tahapan yang akan di tempuh selama ujian.

Bahkan bagi beberapa orang memang akan mengalami tes yang di bagi menjadi 2 tahapan. Yakni tahapan tes tertulis, dan tes wawancara. Sementara di tes tertulis memang aka nada tes psikotes yang akan menilai tentang psikologi Anda. Karena tentu saja ini menjadi suatu yang tidak main main. Mengingat ketika menjadi mahasiswa STAN Anda akan di biayai oleh negara.

Ketika Anda sudah lulus menjadi mahasiswa PKN STAN, Anda akan di biayai negara dari awal masuk hingga lulus. Akan tetapi aka nada system gugur apabila ada mahasiswa yang tidak bisa mengimbangi pada saat di perjalanan. Maka tak heran apabila banyak sekali orang yang berlomba lomba untuk mendapatkan kesempatan emas ini.

Bahkan jika sudah lulus di PKN STAN, Anda akan berkesempatan besar untuk menjadi pegawai negeri sipil. Tergantung dari penempatan yang akan ditentukan oleh negara. Namun itu tidak menjadi masalah mengingat hasil kerja keras pada saat kuliah akan terbayar ketika menjadi seorang PNS.

Untuk itu, perjuangan yang dilakukan pada saat sebelum penerimaan SPMB PKN STAN sangat menentukan masa depan Anda kelak. Maka lebih baik persiapkan diri Anda lebih baik dibanding sebelumnya. Baca juga Tips Kerjakan Tes Koran di PKN STAN agar pengerjaannya lancer.

Rangkaian Tes Termasuk Tes Psikotes di PKN STAN

Sebagai pengetahuan Anda ketika menghadapi ujian yang dilangsungkan oleh pihak panitia, aka nada 2 tahapan yang akan Anda lakukan ketika menghadapi ujian SPMB PKN STAN. Yakni tahapan I dan tahapan II. Tahapan II akan di langsungkan jika Anda sudah memenuhi kualifikasi dari tahapan I. di tahapan I akan penuh dengan skill akademis dan ad ates psikotes.

Di tahapan I aka nada 110 soal yang di bagi menjadi 3 bagian. Yakni :

  • TWK atau tes wawasan kebangsaan akan berisi 30 soal dan bernilai minimal 65
  • TIU atau tes intelejensia umum akan berisi 35 soal dan bernilai minimal 80
  • TKP atau tes karakteristik pribadi akan berisi 45 soal dan bernilai minimal 156

Tes di atas akan di langsungkan selama 90 menit untuk mengerjakan semua soal. Untuk psikotes, itu ada di TKP atau tes karateristik pribadi. Isinya hanya tentang bagaimana Anda menilai tentang soal yang akan di pertanyakan.

Apabila Anda sudah lolos di tahapan I nilai akan di beri peringkat dari nilai tertinggi sampai terendah. Jika memang ada tidak bisa memenuhi nilai terendah kualifikasi, maka Anda akan gagal dan tidak bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Sementara mereka yang lolos ke tahapan II akan di langsungkan tes wawancara untuk menilai langsung atas nilai yang sudah di kerjakan selama tes I. selain tes wawancara, akan di laksanakan juga tes fisik seperti ketahanan tubuh ketika berlari, berjalan, dan Gerakan fisik lain. setelah itu akan di laksanakan tes Kesehatan melihat Kesehatan secara menyeluruh.

Semua tahapan memang d irasa membutuhkan persiapan yang matang dan pastinya membutuhkan pengorbanan yang lebih untuk ikuti Tes Psikotes di PKN STAN. Karena jika di lihat secara sekilas, tentu saja akan menguras tenaga dan pikiran. Mempersiapkan segalanya termasuk tes psikotes adalah hal yang terbaik di lakukan oleh para calon mahasiswa PKN STAN. Untuk itu pilih newtonsix sebagai bimbel pilihan Anda untuk bisa melaluinya.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi