Ini Dia 5 Langkah Mudah Mendaftar PKN STAN yang WAJIB Kamu Tahu

By Bimbel PKN STAN | 26-03-22 |

Penerimaan mahasiswa baru di sekolah kedinasan selalu ditunggu publik. Pasalnya bersekolah di kedinasan memiliki banyak keuntungan selain biaya ditanggung negara, setelah lulus pun akan dipastikan menjadi tanggungjawab negara.

Akan tetapi, perlu perjuangan yang tidak mudah untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan, terutama PKN STAN. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk memahami langkah mendaftar STAN. Perhatikan juga artikel menarik tentang soal pk utbk ini ya.  

Ini Dia 5 Langkah Mudah Mendaftar PKN STAN yang WAJIB Kamu Tahu

langkah mudah mendaftar PKN STAN
langkah mudah mendaftar PKN STAN

Langkah Mudah Mendaftar PKN STAN dengan Memenuhi Kriterianya

Seleksi mahasiwa baru terbagi menjadi dua jenis program yaitu afirmasi dan regular. Program afirmasi merupakan program pendaftaran yang ditujukan kepada putra putri dari Indonesia Timur seperti Papua, Papua Barat, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur yang bisa mengisi formasi Pegawai Kementerian Keuangan. Sedangkan program reguler yaitu program pendaftaran yang ditujukan umum kepada seluruh daerah Indonesia. Program ini bisa mengisi formasi yang lebih luas cakupannya.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut sebagai mendaftar PKN STAN.

  1. Syarat lulusan SMA pada tahun yang sama dengan tahun penyelenggaraan atau dua tahun sebelumnya maupun calon lulusan.
  2. Rata-rata nilai ujian tidak kurang dari 70 dari skala 100.
  3. Usia maksimal untuk lulusan tahun tersebut adalah 21 tahun.
  4. Memenuhi nilai Tes Potensi Skolastik sebesar 600 bagi program reguler dan 400 bagi program afirmasi.
  5. Bebas dari narkoba dengan kondisi sehat jasmani dan rohani, serta tidak bertindik maupun bertato kecuali anting pada wanita.
  6. Belum dan tidak akan menikah selama menjalani pendidikan.
  7. Belum pernah mengikuti seleksi PKN STAN pada tahun sebelumnya dan dinyatakan lulus pendaftaran tersebut.
  8. Pendaftar jalur afirmasi diharuskan mempunyai garis keturunan ayah dan ibu asli dari keturunan daerah-daerah yang telah ditetapkan.
  9. Pendaftar afirmasi merupakan rekomendasi dari SMA atau sederajat bahwa pendaftar adalah calon terbaik.

Alur Mendaftar PKN STAN

Terdapat tiga alur pendaftaran di proses seleksi PKN STAN. Pertama adalah seleksi administrasi yang harus dikumpulkan berupa berkas-berkas seperti rata-rata nilai rapor, nilai ijazah, nilai UTBK. Tahap selanjutnya yaitu seleksi kompetensi dasar yang meliputi pengetahuan umum, wawasan kebangsaan dan tes karakter. Setelah itu melewati tes kesehatan, kebugaran, dan psikologi. Tes yang terakhir adalah wawancara. Berikut ini langkah-langkah mendaftar PKN STAN.

  1. Registrasi pendaftaran pada portal https://sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu DIKDIN. Masukkan NIK dan nomor KK untuk mendapatkan akun serta password.
  2. Setelah registrasi berhasil maka lakukan login kembali dengan akun dan password yang telah dibuat.
  3. Setelah berhasil masuk akan diberikan tampilan pilihan sekolah kedinasan di PKN STAN.
  4. Sebelumnya diberikan arahan untuk melengkapi biodata seperti nomor UTBK, NISN, dan data penting lainnya lengkap dengan mengunggah dokumen yang diminta.
  5. Bagi calon pendaftar jalur afirmasi diwajibkan mengunggah dokumen tambahan seperti ijazah SD-SMA, akta kelahiran, KK serta surat rekomendasi.
  6. Setelah lengkap diisi, bisa mencetak kartu pendaftaram dan bisa log out dari portal.
  7. Selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran di https://spmb.pknstan.ac.id dan login dengan akun dan password sama.
  8. Lakukan pengisian seperti pilihan program studi serta biodata tambahan. Baca juga tentang lolos PKN STAN yang perlu ketahui.

Itulah langkah mudah mendaftar PKN STAN dengan kriteria yang harus dipenuhi. Ada biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp.350.000 tiap peserta yang akan diguakan untuk biaya tes. Pembayaran dapat dilakukan melalui setoran tunai,ATM, m-banking hingga internet banking.

Tentang Kami
Kebijakan Privasi