4 Link Utama Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mulai Mendaftar PKN STAN

By Bimbel PKN STAN | 16-02-22 |

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) hampir dibuka, bagi Anda yang ingin mendaftar PKN STAN sebaiknya mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Namun, sebelum mendaftar Anda juga harus tahu beberapa informasi penting terkait pendaftaran PKN STAN.

PKN STAN merupakan satu dari banyaknya sekolah kedinasan yang ada Indonesia. Setiap tahun sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ini selalu memiliki pendaftar dengan jumlah yang fantastis.

Mendaftar PKN STAN

Bagaimana tidak, lulusan dari PKN STAN secara otomatis akan diangkat menjadi ASN atau Aparatur Sipil Negara dan langsung bekerja di instansi maupun lembaga yang dinaungi Kementerian Keuangan.

Meskipun tergolong sebagai ikatan dinas, akan tetapi mahasiswa lulusan PKN STAN nantinya juga akan menerima ijazah layaknya mahasiswa lulusan perguruan tinggi negeri.

Sehingga hal ini memungkinkan lulusan PKN STAN untuk berkesempatan dan bekerja di luar dari instansi pemerintah. Simak juga tentang Bimbel PKN STAN terbaik dan terpercaya yang terbaik.

Persyaratan Untuk Mendaftar PKN STAN

Pendaftaran masuk PKN STAN terbagi menjadi dua program, yaitu program reguler dan program afirmasi.

  1. Program reguler merukan program penerimaan mahasiswa baru untuk mengisi formasi pegawai Kementrian Keuangan, Pemda, maupun Kementrian/Lembaga lainnya yang ada di wilayah Indonesia.

Sedangkan program afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru di Kementrian Keunagan khusus untuk putra/putri Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Maluku Utara.

  • Lulusan tahun 2021 maupun calon lulusan tahun 2022 dengan nilai ujian pada ijazah maupun rata-rata rapor selama 5 semester tidak kurang dari 70,00 pada skala 100,00.
  • Berusia maksimal 21 tahun per tanggal 1 September 2022.
  • Telah memiliki nilai UTBK 2021 dengan minimal nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) sebesar 600 khusus program reguler dan 400 khusus untuk program afirmasi.
  • Bebas dari ketergantungan napza serta sehat jasmani maupun rohani.
  • Belum menikah maupun bersedia tidak menikah selama masa pendidikan serta tidak memiliki tato ataupun tindik kecuali wanita dengan minimal 1 pasang di telinga.
  • Tidak pernah dinyatakan lulus SPMB PKN STAN di tahun sebelumnya.
  • Khusus untuk program afirmasi, kedua orang tua merupakan keturunan asli dari daerah yang ditetapkan, menyelesaikan pendidikan di daerah masing-masing dan mendapat rekomendasi dari sekolah asal.

Agar bisa mendaftar di PKN STAN, Anda harus melakukan pendaftaran online melalui portal DIKDIN di link https://dikdin.bkn.go.id/.  dan membuat akun SSCASN DIKDIN. Adapun langkah-langkahnya ialah:

  1. Mengakses laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id, lalu pilih DIKDIN. Dilanjutkan membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dan mencetak Kartu Informasi Akun.
  2. Peserta melakukan login kembali ke SSCASN DIKDIN menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  3. Mengupload swafoto, memilih satu sekolah kedinasan, dan melengkapi nilai, biodata, serta mengupload berkas pendaftaran, dilanjutkan dengan mencetak kartu pendaftaran tersebut.
  4. Peserta melakukan proses pembayaran via Bank Mandiri, BCA, BRI, maupun  bank BNI dan memilih prioritas spesialisasi melalui laman https://www.spmb.pknstan.ac.id/.
  5. Verifikator instansi melakukan verifikasi data serta berkas lamaran yang masuk.
  6. Peseta mengecek status kelulusan seleksi administrasi melalui SSCASN.
  7. Peserta yang lolos verifikasi administrasi melanjutkan ke tahap berikut dan di akhir seleksi, Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan PKN STAN mengumumkan informasi status kelulusan kepada para pelamar.

Sedangkan untuk informasi lain bagi Anda yang ingin mendaftar PKN STAN bisa Anda lihat melalui https://www.pknstan.ac.id. dan https://bppk.kemenkeu.go.id/.  Jangan sampai Anda salah link !

Tentang Kami
Kebijakan Privasi