Soal Tiu Ada Berapa?

By Bimbel PKN STAN | 20-10-21 |

Untuk kamu yang ingin lolos PKN STAN. Kamu harus mengikuti beberapa tes yang sudah disediakan. Adapun tes yang harus kamu ikuti diantaranya yaitu tes karakter pribadi, tes intelegensi umum dan juga tes wawasan kebangsaan. Nah salah satunya yaitu soal TIU perlu kamu ketahui.

Saat kamu berniat masuk PKN STAN maka harus ikut seleksi kompetensi dasar atau SKD. Deskripsi tersebut ada 3 jenis tes perlu dan harus kamu ikuti yaitu tes intelegensi umum / TIU, tes wawancara kebangsaan / TWK, serta tes karakteristik pribadi / TKP.

Pada tes intelegensi umum atau TIU CPNS itu ada tes verbal yang mencangkup sinonim, antonim, kelompok kata dan analogi. Serta tes kuantitatif numerik atau logika berhitung ( yaitu baris & deret ). Di tesnya ini ada kurang lebih 35 jenis soal. Untuk mengetahui materi yang akan diujikan simak berikut ini.

soal TIU

Soal Tiu Ada Berapa?

Soal TIU Salah Satunya Yaitu Mengenai Kemampuan Verbal

Kamu juga akan di tes kemampuan. Pemahaman terhadap verbal yaitu mampu pada hal memahami kosakata serta analogi suatu verbal. Kemampuan ini diwujudkan agar bisa mengungkapkan materi dengan menggunakan kata - kata sendiri.

Kali ini kamu akan diujikan terhadap analogi, silogisme dan analitis. Analogi di sini artinya mengukur kemampuan seseorang pada penalaran lewat perbandingan dua konsep kata itu punya hubungan tertentu lalu pakai konsep hubungan tersebut di situasi lain.

Silogisme maksudnya adalah mengukur kekuatan dalam menarik suatu kesimpulan dari 2 pernyataan yang sudah diberikan. Dan yang terakhir yaitu analitis artinya mengukur mampunya dalam menganalisis suatu informasi yang telah diberikan lalu menarik kesimpulannya.

Kemampuan Numerik

Panitia juga akan menguji pemahaman numerik para peserta. Mampu dalam hal numerik di sini maksudnya ialah pemahaman manusia saat melakukan perhitungan menggunakan angka - angka. Jadi tentu nya kamu harus mempersiapkan diri sebaik – baiknya demi hasil yang maksimal.

Tesnya kali ini akan diuji pemahaman tentang hitung - berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, beserta soal cerita ya. Menghitung ialah mengukur suatu kemampuan hitung sederhana. Lalu deret angka yaitu mengukur kemampuan individu untuk melihat pola hubungan angka.

Perbandingan kuantitatif yaitu mengukur suatu kemampuan individu dalam menarik kesimpulan atas dasar dua data kuantitatif. Sedangkan soal cerita itu untuk mengukur kemampuan individu Dalam analisis kuantitatif dari informasi yang sudah diberikan. Baca juga tentang  SKD PKN STAN supaya tidak kebingungan lagi.

Kemampuan Figural

Test terakhir tentang pemahaman figural juga akan diujikan kepada para peserta. Kemampuan figural itu maksudnya kemampuan yang ada hubungannya dengan kegesitan mental manusia pada hal analisa suatu gambar, diagram dan juga simbol. Pemahaman tentang ini diujikan guna mengukur kemampuan individu dalam hal melihat pola hubungan dalam suatu bentuk gambar.

Pada kemampuan ini akan diuji analogi, ketidaksamaan serta serial. Analogi di sini yaitu mengukur kemampuan individu Dalam hal penalaran lewat perbandingan dua gambar yang punya hubungan tertentu lalu memakai konsep hubungan itu pada situasi lainnya.

Ketidaksamaan Iya na mengukur kemampuan individu guna melihat perbedaan dari beberapa gambar yang ada. Untuk yang terakhir yaitu serial itu mengukur kemampuan individu guna melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Itulah beberapa materi yang akan diujikan pada soal Tiu yang berjumlah kurang lebih 35 jenis soal. Semoga bermanfaat dan bisa membantu memperlancar tes yang akan kamu ikuti nantinya. Pelajari dengan benar sesuai dengan apa yang tertera di atas

Tentang Kami
Kebijakan Privasi